RSS

Permintaan Keripik Jamur Tiram Semakin Meningkat

14 Jan

JAMUR TIRAM BANTUL – Awalnya saya mencoba untuk bikin sendiri dan untuk konsumsi sendiri, kemudian ada tetangga yang ikut mencoba dan rasanya kok enak, dari itulah saya mencoba membikin keripik jamur dan hanya saya jual ke tetangga atau warung yang ada di dusun saya, Awalnya ada penolakan karena sejauh yang mereka tahu jamur tiram bisa membuat keracunan. Namun, setelah keripik dicoba dan aman, mereka pun membelinya dan menjadi pelanggan tetap.

Permintaan Keripik Jamur Tiram Semakin Meningkat

Penyebaran dari mulut ke mulut membuat keripik kian dikenal. Awal 2009, permintaan bertambah, tetapi produksi jamur tiram terbatas.”Permintaan datang dari luar desa, kota, sampe ke kota lain, bahkan Luar kota.

Kami pun mencoba bekerja sama dengan 11 petani jamur tiram di wilayah sekitar kami. Jamur milik petani pun kami beli ditambah jamur budidaya sendiri, kami mendapatkan jamur setengah kuintal per hari. Jamur dimasak dengan enam penggorengan untuk menghasilkan setengah kuintal keripik per hari.

Omzet penjualan keripik jamur Tiram sebenarnya kalo di tekuni bisa mencapai sekitar Rp 3 juta per hari. Penghasilan bersih sekitar 10-20 persen dari omzet, antara Rp 300.000 sampai Rp 600.000. Padahal, tiga tahun yang lalu, omzet dari menjual jamur tiram putih hanya Rp 40.000 per hari.
Ternyata jumlah produksi itu belum cukup memenuhi permintaan, terutama seperti mendekati Lebaran. ”Permintaan naik 100 persen. Butuh satu kuintal jamur tiram putih per hari untuk memenuhi permintaan. Hanya separuh permintaan yang dapat kami penuhi.

”Budidaya nya mudah, murah, dan potensi pasarnya besar, tetapi sayang tidak banyak warga yang mengetahui hal ini sehingga ragu membudidayakannya,” tambahnya.

Karena itu, setiap kali warga atau mahasiswa datang belajar budidaya jamur tiram, dia memberikan pelajaran gratis. Biar semakin banyak orang mau menanam jamur tiram. Jika pasokan jamur tiram itu terbatas, obsesinya membuat waralaba keripik produksinya pun terganjal.

HUBUNGI KAMI : H AHMAD ANNOR >>>> HP 085764808887 – PIN BB 2240584F

ALAMAT : DUSUN WIROKERTEN RT 07 KEL. WIROKERTEN, KEC. BANGUNTAPAN, KAB. BANTUL 55194 YOGYAKARTA

 

Tag: , ,

4 responses to “Permintaan Keripik Jamur Tiram Semakin Meningkat

  1. bowo

    Februari 10, 2013 at 4:56 pm

    saya tinggal di daerah jaranan banguntapan bantul, mau budidaya jamur tiram, hasil panen apa bisa ditampung…? terima kasih

     
    • Jamur Tiram Bantul

      Februari 14, 2013 at 10:10 pm

      BISA MAS BOWO, ADA BERAPA JAMUR SAAT INI ?

       
      • bowo

        Maret 13, 2013 at 10:32 pm

        sementara ada 5000 loq, tapi sekarang baru mau mulai dulu…..boleh kopi darat..?

         
      • Jamur Tiram Bantul

        Maret 28, 2013 at 12:08 am

        Kapan Aja mas Bowo mau datang kerumah silahkan ! alamat sy ada di blog pak/Mas …..

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: